Senin, 09 Januari 2012

Mari Budayakan Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan olahraga yang paling mudah,dan memiliki resiko cedera labih kecil. Menurut pakar kesehatan olahraga, jalan kaki bermanfaat untuk kesehatan jantung,otot dan persendian,tulang,metabolisme,bobot Badan dan pikiran.Bagi Kamu yang malas berolahraga ,jalan kaki merupakan pilihan terbaik.
Jalan kaki merupakan olahraga yang paling murah dan mudah serta bermanfaat .Berikut ini manfaat jalan kaki bagi kita :

1. Menguatkan jantung dengan nemingkatkan efisiensinya.Jalan kaki yang dilakukan secara teratur seumur hidup akan menurunkan resiko serangan jantung dan pembuluh koroner.

2. Menguatkan otot-otot, ligamen,tendon,tulang rawan.Khusus pada wanita muda, jalan kaki dapat memperlambat osteoporosis (keropos tulang)

3. Memperbaiki Sistem pengaturan gula darah dalam tubuh. banyak pasien diabetes melitus yang berkurang kebutuhan insulinnya karena rutin.

4. Ideal untuk menjaga berat Badan karena dapat meningkatkan penggunaan kalori, mengendalikan nafsu makan,dan membakar lemak.Tidak kalah penting jalan kaki dapat meningkatkan Citra diri serta mengurangi depresi dan kecemasan.

5. Dibanding jogging,pembebanan olahraga jalan kaki pada tubuh lebih kecil. Ketika jogging, kedua kaki terangkat dari tanah pada setiap langkah. Ini dapat memaksa Badan kita menyerap benturan dengan kekuatan 3- 4,5 kali bobot badan. Sebaiknya jalan kaki ,salah satu kaki ditanah,dan ketika kaki mendarat benturannya kurang lebih 1,25 kali bobot badan. Jadi resiko cedera pada jalan kaki lebih kecil. Memang jalan kaki memberikan hasil lebih lambat daripada jogging. Demi mendapat manfaat yang sama dengan jogging,lakukan jalan kaki lebih lama.

Bagaimana menurut anda tentang hal ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar